Jumat, 02 Maret 2012

MAPAN (Tidak Selalu) BERARTI NYAMAN

Sumber dari Google
Kemapanan bisa diartikan sebagai zona nyaman. Zona nyaman bermakna area dalam kehidupan anda dimana anda nyaman hidup di dalamnya sehingga anda selalu hidup dan mengulangi area kecil dalam hidup anda itu.  Zona nyaman bisa juga dimaknai sebagai  aktivitas mental dimana seseorang menjaga dirinya dari rasa cemas dengan menggunakan perilaku-perilaku untuk menciptakan performa yang stabil, dan biasanya tidak ada keinginan untuk mengambil resiko.
Ini sulit diukur karena zona nyaman setiap orang itu berbeda. Orang tidak mau keluar dari zona nyaman karena mereka takut untuk mengalami kegagalan sehingga mereka memilih berada di dalam zona dan tidak beranjak kemana-mana.



Kemapanan adalah Musuh Terbesar Pertumbuhan
- Mario Teguh -

Kutipan yang aneh? Mengingat berbagai orang di penjuru dunia berlomba – lomba mengejar kemapanan?  Mereka belajar, bekerja, bersaing untuk menjadi yang terbaik, mendapatkan hasil yang diinginkan, mengejar impian besar mereka..untuk sebuah keberhasilan atau kesuksesan
Pertanyaannya adalah, mengapa mereka begitu – begitu saja dan tidak melakukan perubahan / inovasi? Karena mereka terjebak dalam perputaran kehidupan. Mereka terlanjur nyaman dalam pola kehidupan yang dijalani. Masalahnya adalah, pola hidup yang mereka jalani merupakan pola hidup yang tidak mengarah pada pencapaian luar biasa.

Contoh sederhana : Mahasiswa. Berapa banyak mahasiswa yang pencapaiannya luar biasa? Sedikit. Maaf kata saya mengatakan hal ini, namun kenyataannya adalah kebanyakan mahasiswa negeri ini masih menjadi beban finansial bagi orang tuanya. Apakah beban finansial yang ditanggung oleh orang tua merupakan kenyamanan? Kebanyakan pasti berkata iya. Cukup menuntut ilmu dengan serius, dan biarkan biaya kehidupannya ditanggung orang tua. Hidup seperti itu nyaman sekali. Itulah alasan kebanyakan mahasiswa terjebak dalam pola kuliah – nongkrong – mengerjakan tugas – istirahat. Mana pola yang mengarah kepada penciptaan inovasi kehidupan?
ganti variabel yang saya garis bawahi dengan profesi lain. Anda akan menemukan polanya.

Zona nyaman bisa menjebak.
Kenyamanan membuat anda bergerak berputar di lingkaran kecil tindakan yang menurut anda nyaman dan tidak melihat lingkaran yang lebih besar dimana pencapaian besar bersemayam.
Sekarang, mari kita lihat kehidupan kita masing – masing.
Apa zona nyaman anda? Apa yang dihasilkan oleh tindakan yang hanya berputar di zona nyaman saja? Apa tujuan besar hidup anda? Apakah anda memutuskan untuk keluar dari zona nyaman anda dan melakukan perubahan?
Karena hidup adalah untuk menjadi pribadi yang selalu lebih baik setiap harinya, mari bergerak melakukan perubahan.

Sumber dari Google

Roda kehidupan selalu berputar, kadang di atas kadang di bawah. Saat Anda berada di atas mungkin kita bisa terlena. Tetapi bagaimana jika keadaan Anda sedang terpuruk, tidak jarang Anda mengumpatkan berbagai macam keluh kesah. Sebagai manusia mengeluh adalah suatu kewajaran tetapi bila hal tersebut Anda lakukan Anda harus berhati-hati, bisa jadi Anda mengalami depresi.
Sebuah pepatah bijak yang dikutip dari Anne Ahira mengatakan, "You can not chance the wind direction, but you can only chance your wing direction". Kehidupan Anda tidak akan berubah sebelum Anda berusaha untuk merubahnya. Anda yang memiliki keputusan untuk berubah dan Anda pula yang menentukan untuk menjadi sukses, bukan orang lain.

Yang sering terjadi mungkin Anda tidak berani melakukan perubahan, tidak berani untuk keluar dari Zona Nyaman. Jika hanya dengan duduk diam menunggu lalu perubahan itu datang, maka seharusnya jumlah orang sukses lebih banyak dari pada mereka yang mengalami kegagalan.

Tips berikut mungkin dapat membatu Anda untuk menciptakan perubahan.
  1. Niat dan semangat yang kuat.   Apa pun yang Anda impikan tanpa memiliki tekad yang sungguh-sungguh untuk mewujudkannya maka semua akan menjadi sia-sia. Lakukan setiap langkah dalam hidup Anda secara konsisten.
  1. Berusaha tetap Lakukan yang terbaik.  Selesaikan semua hal yang menjadi tanggung jawab Anda dengan sebaik-baiknya, lakukan tanpa pamrih. Tentunya atasan Anda akan melihat kedisiplinan Anda dalam mengerjakan pekerjaan Anda, sebuah nilah tambah bagi Anda.
  1. Jangan sia-siakan setiap kesempatan yang datang pada anda.   Kesempatan yang sama tidak akan pernah datang dua kali, jangan sia-siakan hal tersebut jika memang akan menunjang karir Anda.
  1. Berpikir panjang dan Bersikap bijak dalam segala hal.   Melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang dan tidak menyalahkan orang lain mau pun diri sendiri. Selesaikan segala hal dengan cara yang relevan dan tidak merugikan semua pihak.
  1. Perluas jaringan sosial, teman dan wawasan Anda.   Dengan bertambahnya pertemanan Anda maka akan semakin luas pengetahuan yang Anda miliki. Jangan pernah meremehkan orang lain hanya karena penampilan luarnya saja.
  1. Evaluasi dan Follow Up.    Cek kembali apakah semua langkah yang buat untuk perubahan telah terlaksana. Jika menurut Anda masih ada hal yang kurang sempurna atau ada yang salah, segeralah perbaiki. Jangan pernah menunda hal yang Anda dapat lakukan hari ini.

Anda akan tumbuh dan berkembang jika Anda bersedia untuk meninggalkan zona nyaman Anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar