Kamis, 06 Oktober 2011

Lebih Cantik Dengan Sampah Buangan (2)

Posting kali ini masih berkisar pada memanfaatkan barang bekas (sampah?) untuk dijadikan sebuah karya seni.  Dengan bahan-bahan yang sangat sederhana, mudah membuatnya dan tidak membutuhkan biasa pembuatan yang besar.

Hasil karya seni seperti ini biasa dinamakan dengan istilah karya Kolase yaitu karya seni yang dihasilkan dengan cara menempelkan benda (kerang, biji-bijian, kain, pecahan kaca) pada sebuah bidang sehingga menghasilkan bentuk lain yang indah.

Pengalaman mencoba membuat karya seni anyaman kertas pada kendi beberapa waktu yang lalu masih terus saya coba dengan media dan teknik yang lain.  Masih menggunakan media keramik seperti kendi tapi kali ini saya mencoba membagi pengalaman yang lain dengan menggunakan bahan kain.  Bahan kain yang dimaksud disini adalah kain-kain perca sisa dari pembuatan pakaian yang banyak dijumpai di tempat-tempat tukang menjahit pakaian.

Jadi  terus terang saja, saya memang keliling ke beberapa tukang jahit untuk mencari kain perca ini  hehhehehe..

Namun demikian tidak semua jenis kain perca saya manfaatkan.  Untuk karya seni ini, saya hanya memanfaatkan kain perca dengan motif batik tulis atau batik cap.  Pikir saya, sambil menyelam minum air.  Karena praktek karya seni ini bisa sekaligus sebagai tahap awal pengenalan motif batik kepada anak-anak sebelum mereka nantinya benar-benar praktek membuat batik.

Bahan dan peralatan yang digunakan :
- Benda (keramik, sandal, vas bunga dll) sebagai media dasar
- Kain perca bermotif batik dengan bermacam corak
- Lem Kayu (lem putih)
- Vernis dan kuas
- Gunting

Langkah pengerjaan :
1. Kain digunting menjadi potongan kecil-kecil yang lebih rapi sesuai selera
2. Permukaan benda yang akan ditempel, diolesi lem sampai merata (sedikit tebal)
3. Potongan kain perca ditempel dan disusun (bisa secara acak, bisa juga mengikuti pola)
4. Setelah kain tertempel dan kering dilanjutkan dengan melapisi semua permukaan dengan vernis

Bagaimana?  Cukup mudah bukan?  Dan hasilnya, bisa anda lihat sendiri.





Jika anda ingin mencoba yang lain..coba saja teknik menempelkan potongan kain ini diterapkan pada meja rias, caping, tudung nasi, kotak pensil, kotak rias atau tas, anda akan terkejut dengan hasil kreasi anda sendiri.

Contoh lain dapat dilihat disini


1 komentar:

  1. itu kalau mau pake teknik tempel kain, apa bisa ditempel di gelas? untuk vas yang ditempeli terbuat dari bahan apa? Apa harus kayu? Kalau gak pake vernis apa masih kelihatan bagus? Fungsi vernis disitu untuk apa aja? Makasih. Tolong dijawab.

    BalasHapus